“Thanks” to Mr. & Mrs. Tailor for Losing My Jeans


Ini sebenarnya ungkapan kekecewaan, tp aku sampein pake kata “thanks” utk menghibur diri aku sendiri (biar “senang”) krn aku udah ckp tdk senang dgn kejadian ini.
Mr. Tailor bkn nama tuan2 bule yg mgkn bnyk berkeliaran di Malioboro atau mana tu yg kampung bule di Jogja tu? (aku lupa namanya, pkknya daerah selatan sana). Aku pake istilah Mr. Tailor krn aku ga tau nama tu tukang jahit (ya iyalah, tujuanku ksana kan bkn utk say hello to him, ask his name, etc.). Jd gini critanya. Sekitar 2 minggu yg lalu aku n adekku pergi ke tukang jahit yg sekaligus menerima jasa naptol. Nah aku ksana berkaitan dgn kepentinganku utk menaptol clana pjg jeans. Tu clana baru 2x aku cuci sejak aku beli, tp sialnya pas nyuci yg ke-2 kali itu aku klamaan ngrendamnya (nya = clana, bkn aku lho;) di air deterjen, alhasil warnanya jd belang2. Si adek jg pgn menaptol cardigannya. Yg perlu jd catatan, ini pengalaman pertama buat kami berdua menaptol wardrobe kami. Masukin ke Mr. Tailor hari senin, n Mr. Tailor blg bisa diambil hari jumat. Ok!

Datang ksana hr jumat seperti yg Mr. janjikan. Aku tunjukin ke Mr. nota pengambilan. Si Mr. kebingungan, aku mulai ngrasa punya feel ga enak (tp bkn krn bikin si Mr. kebingungan, tp kayaknya ada yg ga beres ni pikirku). Mr. blg, “kayaknya blm selesai mbak, mgkn senin krn biasanya orang yg ngerjain itu ksininya 2x sminggu, senin ma jumat”. O…. ok! Tambah 1 info, tnyta bukan si Mr. sndri yg ngerjain, tp ada partner kerja yg ngurusin ini n dikerjainnya di tempat lain, bkn di kios yg sama.

Senin aku ksana lg. Kali ini ada Mrs. Tailor yg bantuin tu Mr. ngejahit di kiosnya. Ngobrol panja……….ng bgt, yg kesimpulannya tu barang belum ada jg. Sebelum aku plg aku liat mrka nyoba bongkar2 tumpukan kain yg ada di kios mrka. Fell ga enak makin kuat.

Rabu aku datang lagi. Masih belum ada. Kata mrka tu barang udah ga ada di kios tp mnrt si partner kerja (yg tugasnya menaptol) tu barang jg belum ada di dia. So dimana?, di gw?!! Aku pulang lg, (sok) berbaik hati ngasih tempo lg.

Aku br nongol dsitu lg sminggu kemudian. Disambut dgn permintaan maap dr si Mr. Tailor, intinya barang itu ga ada, raib!!. Si Mr. Tailor udah ga bisa ngomong mcm2 (ato ga berani, mgkn). Eh, si Mrs. Tailor malah ngomong terus, pake nada tinggi pula. Tp aku yakin si Mrs. bkn marah ma aku (yg ada aku kalee yg hrsnya marah ma dia!), isi omongannya tu intinya dia kecewa sama tu partner naptol. Wajar sih, pikirku dan mgkn dia perlu menyalurkan kekesalan n kekecewaannya. Tp yg buat aku krg seneng wkt ngomongin uang ganti ruginya. Sambil bahas itu koq dia malah blg (kira2 gini, ni kuterjemahin coz dia ngomong dlm bhsa jawa): “sy ya rugi mbak cuma nombokin kyk gini, ini bukan yg pertama kali. Sy cuma dpt 2rb dr trima naptol ini. Yg naptol itu mana mau tahu yg seperti ini. Ga dpt duit malah nombok!”. Lha koq?? Emang smua ini slh siapa?, slh gw?, slh temen2 gw? Please deh mbaknya..!! Dlm kasus ini aku lho korbannya. Klo mau itung2an, tu clana harganya sktr 4x lipat uang ganti rugi yg km kasih lho mbak,,,,, Klo cardigan adekku mgkn hampir menutupi. Lagian yg plh partner kerja kan km, bukan aku, koq malah kesannya aku ini pembawa kesialan buat km (klo naptolan itu jd kan km malah dpt rejeki, mskpn ga gede2 bgt jg). Si Mr. Tailor udah ga bisa komen apa2, ngambil uang  menuju ke arahku  serahin uang ganti rugi sambil minta maap. Si Mrs. Tailor msh ngomyang dgn nada2 yg ckp tinggi (ikut audisi aj mbak). Sblm mnuju motor tuk pulang, aku nghampirin tu Mrs. n blg klo udah sering kjadian gitu n ga mau nombok terus, ganti partner aja mbak, drpd korbannya makin bnyk jg.

Aku plg dgn segenap rasa kcewa dan cb mikir apa ya hikmahnya?? Klo kalian pkr hikmahnya brarti aku hrs beli clana baru kynya itu hikmah yg ga cocok bgt n maksa bgt coz aku hrs nombokin bnyk bgt buat beli clana kyk gitu lg. Yah ujung2nya mkr mgkn emang blm rejeki yg utuh buatku. Kali aj bsk ada rejeki yg lbh menyenangkan. Dan smga aku gak kapok ma kjadian ini krna pasti ga smua naptol kyk gitu, itu sialnya aku aja.


P.S.: mgkn ada sdkt kekurangkonsistenan dlm menggambarkan tokoh, tp percayalah cerita ini benar adanya (jangan dibalik, crita ini benar adanya, bukan ada benarnya;). Kekurangkonsistenan hanya ada pd sebutan “Mrs.” yg kdg2 aku sebut “mbak/mbaknya”.

2 comments:

Anonymous said...

emank dah waktunya ganti celana lagi mbak...jadinya harus ilang dulu...walau baru 2x dipake gitu...hehehehe...besok kalo meu beli....baca bismillah dulu mbak...

anggit k.p. said...

thanks for the advice y sep..;)