ala aku, tentunya

Guys, ni postingan ringan2 aj, cm pengen crita (drpd ga sama skali -ga penting!;)
Bbrp hr yg lalu kan idul adha ni (oya, met idul adha ya buat tmn2 yg ngrayain), biasalah ritual ngumpul brg keluarga.
Berhubung ongkos ke medan terlalu mahal, jd ngrayainnya di magelang aj (minus adekku yg cowk).
Cm nginep 1 mlm dsana, pas hr H sktr jam 1 siang udah blk ke jogja lg.
Krn daging kurban blm ada yg sempet dimasak di magelang, akhirnya aku disrh bawa mentahnya aj.
Udah nolak2 (krna aku bingung mau diapain, aku kan ga bisa masak),tp tetap aj disuruh bawa.
Akhirnya kubawa lah 3 bungkus kecil.
Sampai di Jogja, yg 2 bungkus aku kasih ke bude ku, mgkn lbh berguna.
Nah yg 1 bungkus lg aku simpen di kulkas.
Diadakanlah diskusi kcl dgn adek2ku ni daging bakal diapain.
Pilihan jatuh pd tongseng.

Ok, tgs selanjutnya adlh cari tau gmn caranya memasak tongseng.
Dgn bantuan free hot-spot di tempat kerjaku, aku pun dpt resep 'n cara memasak tongseng.

Kebetulan bsknya kerjaan-ku lbr plus sdkt rasa bersalah krn bbrp malam trakhir slalu ninggalin adekku di rmh sndrian, jd lah aku masak tu tongseng (ala aku tentunya, mskpn resepnya dari org yg profesional, mungkin).
Blanja bhn selain daging di warung dkt rmh.
Iris2, tumis2, masukkin daging, dll.

Pas udah jd, ngrasain, yah lumayan-lah.

Adekku yg cewek pulang dr kampus, aku suruh makan pake tongseng kambing (ala aku tentunya).
Secara adekku jarang makan tongseng ('n sialnya dia lupa rasa tongseng itu kayak apa), jd dia krg bs membandingkan dgn rasa tongseng yg ideal/seharusnya (bukan ala aku tentunya).
Komentarnya wkt itu: "rasanya unik".
(aku bertanya2 dlm hati, "unik" tu = "aneh" ga ya?).

Sbnrnya utk soal mknan lbh peka adekku yg cowk, tp berhubung wkt aku masak itu dia lg di luar kota akhirnya dia ga bs ngrasain.

Jdl postingannya "ala aku, tentunya" bkn menunjukkan arogansi lho, justru sebaliknya. Rasa inferiority yg nyata ada disitu krn pastinya rasa tongseng buatanku ga bisa dibandingin ma tongseng seharusnya;)

Yg aku pelajari dr proses membuat tongseng adlh bnr2 ga gampang buat jd "perempuan sepenuhnya".
Memang ini bukan soal gender, tp skill yg 1 ini kyknya perlu kuperdalam nih...;)

7 comments:

Ufi Yusuf said...

mau tahu cara masak tongseng gampang?
beli bumbu jadi aja git..itu tinggal potong bawang merah putih aja, masukin bumbunya, tambah kecap...*ketauan ibu-ibu males....*

dede kurniawan said...

Git, apakah yang sudah merasukimu..
Akhirnya ku mendengar dirimu masak selain dari masak air. Ups..maaf keceplosan.He3.

anggit k.p. said...

to ufi:
iya yah, knp ga kpikiran beli bumbu jd di psr ya?
(hmmm.. buang pkran itu anggit, kpn dirimu mau pinter masak;).

to dede:
hai dede, slamat dtg kmbl di dunia manusia maya;)
Aku kerasukan arwah ibu rumah tangga (ih amit2 jabang bayi!!. Bayi siapa git? Tau ah gelap!)

Ruud said...

pingin nyobain deh...:)

Ozzie. said...

..Makan-Makan...!!!!!!!!!!

hihiihi....^_^

Anonymous said...

wah sama, kemaren niat masak tongseng jadinya malah semur

kacau

(maaf karena masaknya terbatas ga diundang)

senang ketika akhirnya dibilang enak

:)

Anonymous said...

preman masak????

hohohoho... aku pengen liat bentuk masakannya kayak apa tu..
hehe.. sori-sori.. becanda.

klo emang udah niat.. pasti bisa kok ^^
aku menyerahkan sepenuhnya pada uti.. tinggal makan aja.